Source: Freepik
Source: Freepik

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Biasanya pisang dikonsumsi sebagai menu sarapan ataupun santapan malam, terutama ketika sedang menjalani program diet. Saya termasuk pecinta pisang. Pisang juga merupakan buah yang sangat populer di beberapa negara termasuk Indonesia.

Pisang Dapat Memberikan Vitamin yang Diperlukan Tubuh

Mengonsumsi pisang dipercaya dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, yang memang cukup mudah untuk ditemukan dan sangat mudah disajikannya. Beberapa situs dan sumber banyak yang mengatakan kalau pisang memiliki kandungan zat yang dikenal sebagai TNF (Tumor Necrosis Factor). Zat ini memiliki kandungan yang dapat melawan sel-sel abnormal dalam tubuh.

Nah, pisang yang memiliki kondisi terbaik untuk dikonsumsi adalah pisang yang sudah masak atau memiliki bintik hitam pada kulitnya. Mengapa? Di fase tersebut lah kandungan zat TNF banyak terdapat pada pisang. Semakin tinggi kandungan TNF, semakin bagus juga kualitas pisang tersebut. Kondisi pisang seperti ini bagus dalam mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh dengan meningkatkan imun kita, terutama yaitu kanker.

Memilih Pisang Berdasarkan Warna

Saya dulu memilih kondisi pisang berdasarkan warna. Saya biasanya memilih buah pisang dengan warna yang cukup menggiurkan alias berwarna kuning kuning terang. Memilih kondisi pisang terbaik untuk dikonsumsi memang merupakan bukan hal yang susah kok. Sebenarnya, kita bisa mengonsumsi pisang dalam kondisi kulit apa pun, tidak perlu menunggu sampai benar-benar muncul bintik-bintik hitam pada kulitnya, tapi tidak bagus juga mengonsumsi pisang saat kulitnya masih berwarna hijau muda, ya karena pahit. Haha.

Saya pribadi sangat suka dengan tekstur dan rasa pisang yang memiliki kematangan yang cukup atau memiliki bintik hitam pada kulitnya. Teksturnya akan jauh lebih lembut dan rasa manisnya juga semakin keluar dan terasa. Hati-hati ya dalam membedakan dan memilih buah pisang yang memiliki bintik hitam. Jangan sampai pula bintik hitam tersebut menjadi busuk dan sedikit terkelupas atau bolong. Bila sudah terlihat bintik hitam dan Anda ingin mempertahankan kualitasnya, biasanya saya meletakkannya di kulkas. Namun, memang tidak bisa terlalu lama juga ya paling sekitar 1-2 hari saja.

Jadi mulai hari ini jangan pernah meremehkan pisang dengan banyak bintik hitam ya, karena justru itu adalah fase di mana semua nutrisi pada buah pisang sedang banyak-banyaknya dan berkualitas sangat baik. Tapi perhatikan juga ya bintik hitam yang baik dan kondisi busuk pada kulitnya.

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/oijrsjjf.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/oijrsjjf-150x150.jpgJooke FirmansyahKomunitasLifestyleTerbaruInformasi,PisangPisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Biasanya pisang dikonsumsi sebagai menu sarapan ataupun santapan malam, terutama ketika sedang menjalani program diet. Saya termasuk pecinta pisang. Pisang juga merupakan buah yang sangat populer di beberapa negara termasuk Indonesia. Pisang Dapat Memberikan Vitamin yang Diperlukan...Blog Kesehatan GueSehat