Source: Freepik
Source: Freepik

Resolusi tahun baru apa yang Anda buat? Rutin berolahraga? Mengurangi gula? Keliling dunia? Memperbanyak waktu dengan keluarga? Atau sederet resolusi lain? Sebenarnya, penting tidak ya memiliki resolusi di tahun baru?

Apakah Resolusi Tahun Baru Itu Penting?

Jika dilihat setahun ke belakang, berapa banyak orang yang berhasil mencapai resolusinya? Berapa banyak pula yang gagal? Mungkin akan lebih banyak yang gagal daripada yang berhasil. JIka sudah begini, apakah membuat resolusi hanyalah membuang-buang waktu saja?

Tidak, menurut psikolog dan konselor keluarga Marie Hartwell-Walker. “Membuat resolusi di tahun baru merupakan momen untuk merenungkan ke mana Anda akan melangkah di tahun ini. Karenanya, membuat resolusi itu merupakan waktu penting untuk menentukan target baru,” jelas Marie.

Saat membuat resolusi, Anda pun merefleksikan diri dan belajar dari pengalaman setahun yang lalu, apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dipertahankan. Dengan begini, Anda belajar untuk mengevaluasi diri dan belajar dari kesalahan.

Baca Juga : Agar Resolusi Tahun Baru Tidak Gagal

Berikan Inspirasi Pada Anak Anda

Jika Anda sudah menjadi orangtua dan memiliki anak, membuat resolusi dan menjalankannya juga menjadi pelajaran berharga untuknya. Perlihatkan kepada anak, apa resolusi Anda. “Anak-anak perlu melihat target dari orangtua, lalu cara orangtua meraih, serta bertanggung jawab atas resolusi yang telah dibuat,” kata Marie.

Sepanjang menjalani tahun, anak bisa melihat bagaimana usaha orangtua dalam mewujudkan resolusi tersebut. Lewat hal ini anak jadi belajar mengenai tujuan dalam hidup.

Faktor yang Menghambat Resolusi Tahun Baru Anda

Permasalahan yang kerap terjadi adalah bagaimana untuk terus konsisten mewujudkan resolusi tersebut? Ada banyak faktor yang memengaruhi, di antaranya resolusi atau target yang realistis; sumber daya seperti uang, koneksi, kemampuan; motivasi dari diri sendiri; serta dukungan dari lingkungan sekitar.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar resolusi tercapai dengan baik, seperti menetapkan target yang masuk akal dan jelas disertai dengan caranya. Jadi, ketika Anda menargetkan hidup lebih sehat di tahun yang baru, pikirkan pula bagaimana caranya, misalnya hidup lebih sehat dengan rajin lari 3 minggu sekali. Selain itu, Anda pun bisa membuat catatan sebagai pengingat dan menempelkan sederet kata-kata motivasi di tempat yang bisa Anda lihat. Hal ini untuk mengingatkan Anda akan target tersebut ketika lupa.

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/12344566.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/12344566-150x150.jpgGueSehatLifestyleTerbaruInformasi,Menuju Sehat 2017,Resolusi Tahun BaruResolusi tahun baru apa yang Anda buat? Rutin berolahraga? Mengurangi gula? Keliling dunia? Memperbanyak waktu dengan keluarga? Atau sederet resolusi lain? Sebenarnya, penting tidak ya memiliki resolusi di tahun baru? Apakah Resolusi Tahun Baru Itu Penting? Jika dilihat setahun ke belakang, berapa banyak orang yang berhasil mencapai resolusinya? Berapa banyak pula...Blog Kesehatan GueSehat