Source: Freepik
Source: Freepik

Saat membuat resolusi tahun baru, yang biasanya menjadi prioritas adalah kesehatan fisik, misalnya menurunkan berat badan, hidup lebih sehat dengan rajin berolahraga, dan sebagainya. Hal lain yang tidak kalah penting, yaitu kesehatan mental, seringkali terlupakan.

Hal ini mungkin disebabkan oleh bahaya penyakit mental yang ‘tidak terlihat’. Misalnya saja, bahaya dari rasa kesepian atau khawatir akan suatu hal, tidak terlalu terlihat dibanding bahaya merokok. Padahal tahukah Anda kalau masalah mental tersebut bisa memberikan efek yang besar bagi psikologis?

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa merasa sendiri dan diisolasi secara sosial bisa menyebabkan umur yang singkat. Karenanya, di awal tahun ini, buat pula resolusi yang berhubungan dengan kondisi kesehatan mental Anda.

Guy Winch, seorang psikolog, memberikan beberapa rekomendasi untuk mendapatkan resolusi kesehatan mental yang baik di tahun ini.

Jangan Hiraukan ‘Sakit’ Emosional

Mulailah untuk berpikir bahwa keluhan emosional yang Anda alami, sama pentingnya dengan keluhan fisik. Karenanya, perlakukan keduanya sama rata. Jika Anda mengalami penolakan atau kegagalan, atau mengalami suasana hati yang buruk terlalu lama, lakukan sesuatu. Cari ‘pengobatan’, misalnya dengan berkonsultasi dengan ahli atau teman. Jangan pernah menganggap, keluhan ini akan membaik dengan sendirinya.

Hilangkan Rasa Kesepian

Anda adalah makhluk sosial, yang membutuhkan orang lain dalam hidup. Itulah mengapa, manusia membutuhkan keluarga, teman, dan lingkungan sosial. Kesepian yang berlangsung kronis atau lama, bisa berdampak buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun psikologis. Bagi ibu hamil, merasa sendiri juga bisa meningkatkan risiko persalinan prematur. Jadi, ketika Anda merasa kesepian, hubungi teman dekat atau keluarga. Anda juga bisa menggunakan internet sebagai sarana mencari teman.

Baca Juga : 5 Resolusi Kesehatan di Tahun Baru

Gagal Itu Biasa

Luka psikologis sulit untuk sembuh sehingga bisa memperburuk kondisi seseorang. Salah satu jenis luka psikologis adalah kegagalan. Seringkali, kegagalan membuat orang menyerah dan merasa tidak mampu. Untuk mengatasinya, cobalah berpikir positif dan mengalihkan rasa menyerah Anda dengan usaha untuk mengetahui apa yang membuat Anda gagal dan berusaha untuk memperbaikinya.

Pentingnya Gambar Diri

Harga diri atau gambar diri (self esteem) merupakan salah satu hal penting yang bisa menghindarkan Anda dari stres dan kecemasan. Kesehatan emosional melibatkan self esteem yang baik. Misalnya ketika Anda merasa gagal mendapatkan sesuatu, dengan self esteem yang baik, Anda bisa berpikir lebih positif karena Anda tahu diri Anda pantas mendapatkan hal yang lebih baik.

Cintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri merupakan langkah besar yang harus Anda utamakan. Sayangnya, tidak banyak orang paham akan hal ini. Dengan mencintai diri sendiri, Anda mengenal diri dengan baik. Anda tahu kapasitas diri sendiri dan tentunya akan menghindarkan diri sendiri dari hal  negatif yang bisa merusak mental Anda.

Berpikir Positif

Mengubah pikiran negatif menjadi positif memang tidak mudah. Namun bukan berarti sulit dilakukan. Ketika sesuatu yang menjengkelkan terjadi, wajar jika Anda merenungkannya. Tapi mengulang adegan itu secara terus menerus dalam pikiran tidak akan memberikan banyak pencerahan. Alihkan perhatian Anda pada solusi positif daripada terus-menerus menyiksa diri dengan pikiran negatif.

Perbanyak informasi

Jika Anda tahu bagaimana mengobati flu, maka Anda juga harus tahu bagaimana mengobati penolakan, kegagalan, kesepian, rasa bersalah dan luka emosional umum lainnya. Memahami pentingnya kesehatan psikologis akan membuat kualitas hidup Anda membaik.

Perlahan, mulailah untuk menganggap keluhan emosional yang Anda hadapi itu perlu diselesaikan dan ditangani dengan baik, sama seperti keluhan fisik akibat penyakit. Karena kesehatan mental sangat memengaruhi kesehatan fisik Anda pula. Jadi, tentukan resolusi kesehatan mental Anda dari sekarang ya!

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/1312432.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/1312432-150x150.jpgGueSehatLifestyleTerbaruInformasi,Menuju Sehat 2017,Resolusi KesehatanSaat membuat resolusi tahun baru, yang biasanya menjadi prioritas adalah kesehatan fisik, misalnya menurunkan berat badan, hidup lebih sehat dengan rajin berolahraga, dan sebagainya. Hal lain yang tidak kalah penting, yaitu kesehatan mental, seringkali terlupakan. Hal ini mungkin disebabkan oleh bahaya penyakit mental yang ‘tidak terlihat’. Misalnya saja, bahaya...Blog Kesehatan GueSehat