Manfaat Olahraga
Source: Freepik

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang fit dan sehat. Ada yang rajin mengonsumsi suplemen kesehatan untuk menjadi bugar. Padahal yang penting untuk menjaga kesehatan adalah asupan nutrisi yang baik dan olahraga teratur.

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Olahraga dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Perlu Keseimbangan Antara Olahraga dan Asupan Makanan

Berat badan dipengaruhi oleh asupan makanan dan aktivitas fisik. Jika asupan makanan lebih tinggi dibandingkan aktivitas fisik, akan terjadi peningkatan berat badan. Karena itu, olahraga perlu dilakukan untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal. Manfaat Olahraga juga mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, penyakit kencing manis atau diabetes, kanker, dan penyakit metabolik lainnya. Olahraga teratur dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kadar kolesterol, HDL, LDL yang optimal.

Aktivitas fisik yang dilakukan selama berolahraga dapat menguatkan otot dan tulang. Penelitian menunjukkan olahraga teratur dapat mencegah pengeroposan tulang. Olahraga juga menjaga sendi dan otot tetap kuat untuk beraktivitas. Orang yang rajin berolahraga akan lebih bersemangat saat melakukan aktivitas sehari-hari dan mengurangi risiko jatuh karena memiliki keseimbangan yang baik.

Seiring bertambahnya usia, seringkali orang sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, orang yang sejak masa mudanya rajin berolahraga, kemungkinan besar akan tetap aktif sampai usia lanjut.

Baca Juga : Tips Mengecilkan Perut dengan Berolahraga

Manfaat Olahraga Untuk Emosi dan Mood

Tidak hanya bermanfaat untuk fisik, manfaat olahraga juga memengaruhi emosi dan mood serta dapat menjaga kesehatan mental. Olahraga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan belajar. Orang yang rajin berolahraga juga memiliki risiko mengalami depresi lebih rendah, mudah tidur saat malam dan sehingga terhindar dari insomnia.

Olahraga yang direkomendasikan adalah aktivitas fisik dengan intensitas sedang, seperti berjalan cepat, berenang, bersepeda. Total waktu olahraga yang dianjurkan adalah 150 menit dalam satu minggu dapat dibagi menjadi 3-5 kali selama 30 hingga 50 menit dalam satu minggu.

Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai. Setiap orang dapat mendapatkan keuntungan dari olahraga teratur tidak memandang usia, etnis, dan jenis kelamin.

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/12312.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/12312-150x150.jpgGueSehatLifestyleTerbaruInformasi,Menuju Sehat 2017,OlahragaSetiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang fit dan sehat. Ada yang rajin mengonsumsi suplemen kesehatan untuk menjadi bugar. Padahal yang penting untuk menjaga kesehatan adalah asupan nutrisi yang baik dan olahraga teratur. Olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Olahraga dapat menjaga berat badan tetap ideal. Perlu Keseimbangan Antara...Blog Kesehatan GueSehat