Source: Freepik
Source: Freepik

Apa itu vaksin Influenza? Vaksin influenza adalah vaksin yang diberikan dengan cara disuntik, biasanya di daerah lengan untuk mencegah terjadinya influenza. Vaksin influenza diberikan untuk melindungi tubuh dari tiga atau empat virus influenza. Tipe virus yang dipilih untuk dijadikan vaksin adalah tipe virus yang menurut hasil penelitian merupakan virus yang paling banyak di musim selanjutnya.

Usia Pemberian Vaksin Influenza

Bayi mulai dari usia enam bulan hingga dewasa perlu mendapat vaksinasi influenza setiap tahun. Anda tidak perlu bingung lagi apa itu vaksin influenze sebab vaksinasi ini bahkan sangat penting untuk orang-orang dengan kondisi imunitas yang lemah dan rentan mengalami komplikasi jika mengalami flu, seperti anak usia di bawah 5 tahun, dewasa usia di atas 65 tahun, dan wanita hamil.

Terdapat kelompok tertentu yang perlu diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin influenza, yaitu anak usia 6 bulan hingga 4 tahun; usia di atas 50 tahun; orang-orang dengan penyakit saluran pernapasan, seperti asma, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit liver, penyakit saraf, atau gangguan metabolisme; orang-orang dengan gangguan imunitas seperti orang-orang dengan penyakit HIV atau konsumsi obat-obatan seperti steroid; orang-orang yang tinggal di tempat perawatan bersama; tenaga kesehatan; penderita obesitas.

Tidak Bisa Diberikan Pada Orang yang Mengidap Alergi

Vaksin influenza tidak dapat diberikan pada orang-orang yang mengalami reaksi alergi. Efektivitas vaksin influenza bergantung pada usia dan kondisi kesehatan seseorang. Efektivitas fisik juga dipengaruhi apakah virus yang beredar memiliki tipe yang sama dengan virus yang dijadikan vaksin.

Mendapatkan vaksinasi flu tidak akan membuat Anda mengalami flu. Vaksin influenza terbuat dari virus yang telah dilemahkan dan karena itu tidak menular. Risiko yang dapat timbul dari vaksinasi flu adalah reaksi alergi. Namun, hampir sebagian besar orang yang mendapatkan vaksin influenza tidak mengalami efek samping berbahaya.

Efek Samping Vaksin Influenza

Efek samping yang dapat terjadi akibat vaksin influenza adalah nyeri, kemerahan, atau bengkak pada daerah tempat suntikan; demam yang tidak terlalu tinggi; pegal-pegal. Gejala alergi yang mengancam jiwa sangat jarang terjadi. Tanda dari gejala alergi adalah sesak, bunyi napas mengi, bentol-bentol, pucat, lemas, jantung berdebar, atau pusing. Jika gejala ini muncul segera bawa ke fasilitas pelayanan kesehatan. Tapi sebelum itu, pahami betul apa itu vaksin influenza agar Anda terlebih dahulu dilengkapi dengan informasi yang benar.

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/asdadadadas.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/asdadadadas-150x150.jpgGueSehatMedisTerbaruInformasi,Vaksin InfluenzaApa itu vaksin Influenza? Vaksin influenza adalah vaksin yang diberikan dengan cara disuntik, biasanya di daerah lengan untuk mencegah terjadinya influenza. Vaksin influenza diberikan untuk melindungi tubuh dari tiga atau empat virus influenza. Tipe virus yang dipilih untuk dijadikan vaksin adalah tipe virus yang menurut hasil penelitian merupakan virus...Blog Kesehatan GueSehat