Source: Freepik
Source: Freepik

Olahraga merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan. Namun, hal itu tidak berarti kita harus menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk berolahraga. Yang perlu dilakukan adalah berolahraga dengan efektif dan efisien dengan memilih olahraga yang baik untuk kesehatan.

Tidak semua olahraga dapat disama-ratakan, masing-masing memiliki beban yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 7 olahraga yang baik untuk kesehatan:

Jalan kaki

Latihan kebugaran kardiovaskular harus diikutsertakan dalam setiap jenis program olahraga. Latihan tersebut diperlukan untuk menguatkan otot jantung dan membakar kalori. Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan. Berjalan dapat dilakukan kapan dan di mana saja, tanpa memerlukan peralatan khusus. Berjalan cepat dapat membakar 500 kalori setiap jam. Pada awalnya, Anda dapat memulai dengan berjalan 10 menit sehari, kemudian perlahan-lahan menambahkan 5 menit, hingga minimal 30 menit sehari. Jalan kaki termasuk olahraga yang baik untuk kesehatan.

Latihan interval

Latihan interval merupakan jenis olahraga yang membuat tubuh bekerja lebih keras dan meningkatkan metabolisme. Latihan interval dilakukan dengan meningkatkan aktivitas fisik selama beberapa saat dan diselingi dari waktu istirahat. Contohnya dengan meningkatkan intensitas olahraga selama 2 menit, kemudian dinaikkan hingga 10 menit. Lakukan ini beberapa siklus selama olahraga berlangsung.

Squat

Squat merupakan salah satu latihan untuk menambah kekuatan otot paha dan betis. Tips untuk melakukan squat adalah buka kaki selebar bahu, punggung tegak, kemudian tekuk lutut, dan turunkan bagian bokong.

Lunge

Lunge juga merupakan latihan otot bagian tubuh bawah, antara lain bokong, paha, dan betis. Selain itu, lunge juga membantu meningkatkan keseimbangan. Cara melakukan lunge yang benar adalah ambil langkah maju ke depan, jaga tulang belakang pada posisi netral, tekuk lutut 90 derajat, dan tumpukan berat badan bagian belakang jari-jari kaki yang di melangkah ke depan. Lutut kaki yang berada di belakang ditekuk ke arah bawah.

Push-up

Jika dilakukan dengan benar, push-up dapat memperkuat otot dada, bahu, dan lengan. Cara melakukan push-up yang benar adalah pada posisi tengkurap, posisikan tangan lebih lebar dari bahu. Posisikan jari-jari kaki atau lutut pada lantai dan usahakan bagian bahu dan lutut atau jari kaki berada pada posisi diagonal. Kemudian turunkan dan angkat tubuh Anda dengan menekuk dan meluruskan siku.

Abdominal crunches

Abdominal crunches merupakan salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan untuk mendapatkan perut yang rata dan keras. Berikut adalah cara melakukan abdominal crunches: mulailah dengan berbaring dan posisikan jari tangan menopang kepala. Mulai latihan dengan mengontraksikan otot-otot perut dan angkat bagian kepala, leher, bahu, dan punggung atas dari atas lantai.

Bent-over row

Latihan ini bertujuan untuk melatih otot-otot punggung atas dan biseps. Cara melakukannya adalah sebagai berikut: berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, kemudian tekuk lutut dan panggul. Panggul diarahkan sedikit ke depan dan luruskan bagian punggung. Tahan dumbbells atau barbell di bawah bahu dengan tangan dibuka selebar bahu. Kemudian tekuk siku dan angkat kedua tangan ke sisi tubuh. Tahan sejenak, kemudian turunkan kembali tangan ke posisi awal.

Lakukan latihan-latihan di atas dibarengi dengan pola makan yang baik. Kesehatan Anda pun akan optimal. Dengan disiplin melakukan olahraga yang baik untuk kesehatan di atas, tentunya badan Anda akan segar sehingga dalam melakukan berbagai kegiatan akan sangat lancar dan semangat.

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/Untitled-16.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/Untitled-16-150x150.jpgGueSehatLifestyleTerbaruInformasi,Menuju Sehat 2017,OlahragaOlahraga merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan. Namun, hal itu tidak berarti kita harus menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk berolahraga. Yang perlu dilakukan adalah berolahraga dengan efektif dan efisien dengan memilih olahraga yang baik untuk kesehatan. Tidak semua olahraga dapat disama-ratakan, masing-masing memiliki beban yang berbeda-beda. Berikut ini...Blog Kesehatan GueSehat