Kebiasaan yang baik
Source: freepik.com

Untuk menjalani pola hidup sehat, tidaklah sulit dan rumit. Ada beberapa kebiasaan yang baik dan cukup sederhana, namun memberikan dampak baik bagi kesehatan Anda. Kebiasaan-kebiasaan ini bisa berupa aktivitas olahraga, maupun konsumsi makanan tertentu yang mengandung nutrisi dan zat gizi penting. Beberapa di antaranya bahkan berguna jika Anda menderita penyakit tertentu.

Nah, ketahui beberapa kebiasaan sederhana yang mudah diterapkan sehari-hari berikut.

1 . Konsumsi Pisang

Pisang, si Sumber kalium, merupakan pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi saat Anda sedang diare. Saat diare, elektrolit berupa kalium akan banyak dikeluarkan tubuh. Akibatnya, Anda akan menjadi lemas. Sebagai solusi, konsumsilah pisang yang merupakan buah kaya kalium. Selain itu, pisang juga baik untuk membantu pembentukan otot saat berolahraga. Rasanya pun enak. Saatnya menyediakan buah ini di rumah, ya!

2 . Konsumsi Anggur Merah

Anggur dalam bentuk minuman memiliki konotasi yang buruk. Kandungan alkohol di dalamnya sering dijadikan kambing hitam. Padahal minuman anggur merah maupun anggur putih mengandung antioksidan dari flavonoids yang berguna untuk mencegah syndrome metabolik, antara lain tingginya kadar kolesterol dan obesitas. Namun, konsumsi anggur ini harus dilakukan secara bijak, ya! Konsumsi anggur dalam diet mediteranian dianjurkan dalam batas yang wajar, yaitu tidak lebih dari 7 gelas per minggu. Selain itu, pilihan anggur juga harus dipertimbangkan kadar gulanya. Anggur putih memiliki kadar gula yang lebih tinggi daripada anggur merah.

3 . Berenang

Siapa suka berenang? Aktivitas ini selain menyenangkan, ternyata sangat berguna bagi sekelompok orang dengan penyakit tertentu. Jika Anda memiliki rematik (rheumatoid arthritis) atau pengapuran (osteoarthritis) tulang, berenang merupakan olahraga yang dianjurkan karena tidak memberikan beban berlebih pada tulang. Berenang yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu memperlancar kerja jantung. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock saat berenang di outdoor, ya!

4 . Memilih Dark Chocolate

Cokelat merupakan camilan yang digemari oleh berbagai kalangan. Namun sayangnya, kadar gula dalam cokelat cukup tinggi, terutama cokelat dengan kandungan susu yang cukup banyak. Untuk pilihan yang lebih sehat, pilihlah dark chocolate karena memiliki kadar gula cukup rendah dan dipercaya dapat menurunkan kolesterol. High on cholesterol? Go dark for your chocolate!

5 . Sarapan Oat

Oat merupakan salah satu makanan yang mempunyai banyak manfaat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sarapan. Namun makanan ini sering dihindari karena rasanya yang tawar. Kandungan serat di dalam oatmeal dapat memperlancar pencernaan, sehingga menjadi pilihan tepat saat konstipasi atau sembelit. Selain itu, oat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Ganti sarapan Anda dengan oatmeal jika sedang dalam program menurunkan kolesterol (dan berat badan!)

6 . Makan Bayam

Bayam merupakan salah satu sayur favorit saya. Bayangkan semangkuk sup bayam dengan jagung manis di malam yang dingin. Nyam! Ternyata kandungan zat besi di bayam ini cukup tinggi lho, sehingga dapat membantu menjadi asupan makanan yang baik jika Anda menderita anemia.

Ya, enam kebiasaan yang baik di atas adalah hal simpel yang bisa dilakukan jika Anda atau orang tersayang sedang mengalami penyakit tertentu. Yuk, share kebiasaan baik di atas!

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2016/12/Untiajsajadhfactled.pnghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2016/12/Untiajsajadhfactled-150x150.pngJessica ChristyKomunitasLifestyleTerbaruInformasi,Kebiasaan baikUntuk menjalani pola hidup sehat, tidaklah sulit dan rumit. Ada beberapa kebiasaan yang baik dan cukup sederhana, namun memberikan dampak baik bagi kesehatan Anda. Kebiasaan-kebiasaan ini bisa berupa aktivitas olahraga, maupun konsumsi makanan tertentu yang mengandung nutrisi dan zat gizi penting. Beberapa di antaranya bahkan berguna jika Anda menderita...Blog Kesehatan GueSehat