Source: Freepik
Source: Freepik

Tahukah Anda bahwa tubuh manusia terdiri dari 70 persen air? Itulah mengapa air menjadi zat gizi yang sangat penting bagi tubuh. Sayangnya, asupan air kadang dilupakan. Padahal dehidrasi bisa sangat membahayakan, bahkan berujung kematian. Salah satu tanda dehidrasi yang tidak disadari orang adalah rasa haus.

Menurut pakar fisiologi dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat, Stavros Kavouras, haus merupakan pertanda awal tubuh mengalami dehidrasi. Haus terjadi di saat tubuh mulai kehilangan 1-3 persen berat badannya karena menurunnya kadar air dalam tubuh. “Dehidrasi ringan sudah dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi,” ucapnya. Karenanya, penting bagi Anda untuk minum lebih banyak air sebagai resolusi hidup sehat di tahun yang baru. Bagaimana caranya agar Anda minum air lebih banyak? Ikuti tips berikut.

  • Beri rasa

Pilihan air yang dianjurkan adalah air putih. Namun jika Anda ingin minum yang berasa, tambahkan saja irisan buah atau daun mint ke dalam air putih. Selain terhindar dari dehidrasi, Anda akan merasa lebih segar.

  • Makan pedas

Sesudah makan makanan pedas, orang cenderung untuk minum lebih banyak. Mengonsumsi makanan pedas bisa menjadi cara agar Anda minum lebih banyak. Namun jangan lakukan jika Anda memiliki pencernaan yang sensitif. Nanti Anda justru terkena diare.

  • Gunakan ponsel

Pengukuran air dalam tubuh kini tersedia dalam bentuk aplikasi gadget. Namun jika tidak mungkin menggunakannya, Anda dapat mengatur sistem reminder dari ponsel untuk mengingatkan minum air. Misalnya dengan memasang alarm setiap 2 jam untuk mengingatkan Anda minum.

  • Dekatkan botol minum

Ketika tengah duduk di depan meja atau melakukan perjalanan selama berjam-jam, minum air biasanya bukan prioritas Anda. Karena itu, pastikan Anda memiliki botol besar di meja atau botol ukuran sedang yang bisa Anda bawa. Botol tersebut akan membantu menjadi pengingat berapa banyak air yang sudah Anda minum.

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung air

Ada jenis-jenis makanan yang mengandung banyak air, seperti melon, timun, seledri, bahkan makanan-makanan berkuah, seperti sup. Ini akan membantu menambah asupan cairan dalam tubuh Anda.

  • Minum begitu bangun tidur

Minum air sebelum memulai aktivitas akan meningkatkan metabolisme dan membersihkan tubuh. Hal ini tentu saja juga membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan air.

Penelitian juga mengatakan bahwa kekurangan cairan bisa membuat mood lebih jelek. Jadi, ketika hari ini Anda merasa uring-uringan, coba cek apakah Anda cukup minum?

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/sadadwd.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/sadadwd-150x150.jpgGueSehatLifestyleTerbaruAir,Informasi,Menuju Sehat 2017Tahukah Anda bahwa tubuh manusia terdiri dari 70 persen air? Itulah mengapa air menjadi zat gizi yang sangat penting bagi tubuh. Sayangnya, asupan air kadang dilupakan. Padahal dehidrasi bisa sangat membahayakan, bahkan berujung kematian. Salah satu tanda dehidrasi yang tidak disadari orang adalah rasa haus. Menurut pakar fisiologi dari Universitas...Blog Kesehatan GueSehat