Source: Freedigitalphotos
Source: Freedigitalphotos

Menentukan asupan yang tepat untuk buah hati bukanlah hal yang mudah. Ditambah lagi dengan sulitnya anak-anak untuk mengonsumsi buah dan sayur. Padahal buah dan sayur merupakan salah satu sumber gizi terbaik bagi pertumbuhan anak.

Pada dasarnya, mengonsumsi buah yang segar jauh lebih baik untuk anak Anda, dibandingkan dengan mengonsumsi sari buah dalam kemasan. Hal ini karena sari buah dalam kemasan biasa mengandung sekurang-kurangnya 6 sendok teh gula tambahan.

Semua jenis buah sebenarnya bermanfaat bagi tubuh si Kecil, namun ada beberapa jenis yang nutrisinya sangat baik bagi pertumbuhan anak. Berikut beberapa buah untuk anak tersebut:

Pisang

Buah yang satu ini sudah sangat akrab bagi para ibu. Selain harganya yang murah, ternyata pisang juga memiliki kandungan gizi yang sangat bagus untuk pertumbuhan anak. Pisang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak, karena memiliki kandungan vitamin B2, B6, dan vitamin C, zat besi, magnesium, kalsium, selenium serta mineral-mineral lain yang baik.

Pepaya

Buah yang termasuk dalam salah satu buah tropis ini sangat baik dikonsumsi oleh anak dari usia 7 bulan ke atas. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, E,C, B1 dan B2. Selain itu kandungan enzim papin dan kandungan serat yang berada pada buah ini sangatlah baik bagi pencernaan.

Jeruk Baby

Dari beberapa banyaknya pilihan buah jeruk yang ada, jeruk baby merupakan jenis buah jeruk yang baik bagus bagi anak. Rasanya yang manis membuat buah ini sangat aman untuk dikonsumsi si Kecil. Dan seperti yang kita ketahui, jeruk banyak sekali mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk daya tahan tubuh anak. Selain itu, vitamin C yang ada pada jeruk juga berfungi untuk membantu penyerapan kalsium dari jenis makanan lainnya.

Baca Juga : Memanfaatkan Buah untuk Atasi Sembelit pada Bayi

Pir

Buah yang memiliki buah berwarna putih ini memiliki kandungan fruktosa dan glukosa yang menjadikannya manis secara alami. Selain manis, buah untuk anak ini pir juga memiliki kandungan vitamin A, B, C, kalsium, kalium, dan lainnya. Buah pir tidak hanya baik dikonsumsi untuk pertumbuhan anak, namun juga baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit yang dialami anak.

Alpukat

Buah alpukat memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat aman untuk diberikan pada buah hati Anda. Alpukat kaya akan nutrisi, terutama asam folat, magnesium, fosfor, kalium, serat, zat besi, vitamin A, B, E, dan niasin sehingga cocok pula dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Untuk disajikan kepada si Kecil, haluskan alpukat atau campur dengan buah lain, seperti pisang, sedikit susu dan pir.

Apel

Buah terakhir yang kandungannya sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak adalah apel. Apel memiliki kandungan serat dan zat-zat lain, seperti fosfor, kalsium, mineral kalium, folat, antioksidan, vitamin A,C, E, dan mineral lain yang tidak kalah penting untuk pertumbuhan anak.

Sangat menyenangkan melihat si Kecil bertumbuh dan berkembang dengan optimal. Karenanya, jangan biarkan si Kecil tidak mendapat nutrisi yang cukup, terutama pada masa emas pertumbuhannya. Berikan beberapa buah untuk anak di atas untuk menjaga pertumbuhannya.

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/ID-100195074.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/ID-100195074-150x150.jpgGueSehatLifestyleTerbaruBuah,InformasiMenentukan asupan yang tepat untuk buah hati bukanlah hal yang mudah. Ditambah lagi dengan sulitnya anak-anak untuk mengonsumsi buah dan sayur. Padahal buah dan sayur merupakan salah satu sumber gizi terbaik bagi pertumbuhan anak. Pada dasarnya, mengonsumsi buah yang segar jauh lebih baik untuk anak Anda, dibandingkan dengan mengonsumsi...Blog Kesehatan GueSehat