Source: Lbfmd
Source: Lbfmd

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu jenis penyakit dengan jumlah penderita yang meningkat saat musim hujan datang. Pada saat itu, banyak lokasi atau tempat lembap yang menjadi kegemaran nyamuk untuk berkembang biak.

Demam berdarah biasanya diawali dengan demam tinggi, yang naik-turun. Gejala-gejala lain yang menyertai adalah sakit kepala, demam, batuk, pilek, pencernaan, dan sebagainya. Sebenarnya, demam berdarah bisa saja dirawat di rumah atau di rumah sakit, tergantung kondisi penderita. Obat DBD diberikan untuk memperingan keluhan yang dialami. Semakin banyak keluhan yang dialami penderita, biasanya semakin banyak obat yang diberikan.

Jika Anda khawatir dengan konsumsi obat kimia yang terlalu banyak, sebenarnya ada jenis obat alami atau herbal yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan DBD dan keluhannya. Berikut beberapa obat tradisional obat-obatan herbal yang biasa digunakan untuk pasien DBD.

Daun Jambu Biji.

Kandungan senyawa tannin dan flavonoid dalam daun jambu biji dapat meghambat aktivitas enzim reverse trancriptase. Artinya, enzim ini bisa menghambat pertumbuhan virus berinti RNA penyebab demam berdarah. Cukup dengan merebus daun jambu biji dan air secukupnya, kemudian saring dan konsumsi 2 kali sehari.

Air Kelapa Muda.

Campurkan air kelapa muda dengan perasan satu buah jeruk nipis yang diaduk rata dan konsumsilah dua kali dalam satu hari setiap pagi dan sore hari.

Baca Juga : Ampuh! Obat Alami untuk Menangani Demam Berdarah

Beras Angkak.

Trombosit penderita demam berdarah akan menurun cukup drastis. Air rebusan beras angkak dipercaya dapat membantu menaikkan trombosit. Anda cukup merebus berasa angkak dengan air secukupnya kemudian konsumsi minimal satu kali dalam satu hari. Jika Anda kurang suka mengonsumsi air rebusan beras angkak, coba olah menjadi bahan campuran makanan, misalnya dengan menambahkan ayam dan sayuran. Anda dapat merebus ayam dengan campuran beras angkak hingga matang yang dicampur dengan garam (jangan menggunakan penyedap).

Daun Pepaya.

Sama seperti daun jambu biji, Anda cukup merebus daun pepaya sebanyak 30 gr yang sudah dicuci bersih dengan air sekitar 400 cc. Rebus hingga air berkurang sekitar 200 cc. Konsumsinya dua kali dalam satu hari selagi hangat.

Daun Meniran dengan Daun Pegagan.

Cuci bersih kedua jenis daun ini kemudian taruh dalam wadah yang ditambahkan 5 gelas air, rebus hingga air sisa sekitar 3 gelas. Konsumsilah minuman ini 3 kali dalam satu hari dengan takaran satu gelas setiap konsumsinya.

Nah itu dia obat-obat tradisional yang dapat Anda konsumsi untuk membantu mengobati DBD. Penyakit ini memerlukan pengawasan khusus. Karena saat seseorang terkena penyakit ini, tubuhnya akan menjadi lemah dan rentan terkena penyakit lainnya. Oleh karena itu, konsumsi obat-obat tradisional DBD ini harus dibarengi dengan asupan makanan yang sehat (tanpa bahan pengawet atau penyedap), tidak boleh pedas, dan sebagainya. Anda juga harus istirahat yang cukup agar tubuh kembali fit dan sistem imun tubuh kembali pulih.

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2016/12/122353453.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2016/12/122353453-150x150.jpgGueSehatLifestyleTerbaruDBD,InformasiDemam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu jenis penyakit dengan jumlah penderita yang meningkat saat musim hujan datang. Pada saat itu, banyak lokasi atau tempat lembap yang menjadi kegemaran nyamuk untuk berkembang biak. Demam berdarah biasanya diawali dengan demam tinggi, yang naik-turun. Gejala-gejala lain yang menyertai adalah sakit kepala, demam,...Blog Kesehatan GueSehat