Manfaat Pohon Natal Bagi Kesehatan
Source: Freepik

Pohon natal menjadi salah satu pemanis wajib di hari Natal. Tak hanya berperan sebagai dekorasi, pohon Natal ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho!

Manfaat Pohon Natal Bagi Kesehatan

Biasanya banyak orang memilih menggunakan pohon cemara sebagai pohon Natal mereka. Bukan tanpa alasan, selain karena bentuknya yang tinggi dan rindang, pohon cemara merupakan salah satu pohon yang tetap bisa hidup di musim dingin. Bentuk pohon cemara yang tinggi dan rindang inilah yang dikatakan bisa bermanfaat untuk meredakan stres.

Baca Juga : 2 Alasan Harus Jujur pada Anak Soal Santa Claus

Mampu Memengaruhi Alam Bawah Sadar

Seorang psikolog lingkungan dari University of Surrey, Inggris, Dr. Brigitta Gatersleben menyampaikan bahwa pohon cemara yang seringkali digunakan untuk acara Natal ternyata mampu memengaruhi alam bawah sadar menjadi lebih nyaman dan damai.

Hal ini karena pohon cemara selalu dikaitkan dengan kesejahteraan dan juga kepuasan dalam hidup. “Pohon cemara mengandung arti mampu memberikan nuansa alam yang dapat mengurangi stres dan penyakit mental,” ujar Brigitta.

Pernyataan tersebut juga diperkuat dengan warna hijau pada daun pohon cemara. Secara psikologis, warna hijau digunakan sebagai warna alam dan dedaunan yang dapat mendatangkan kesegaran, relaksasi, alami, kesejukan, dan bersifat menenangkan. Jadi, tak heran jika Anda merasa nyaman dan tenang ketika berlama-lama duduk di depan pohon Natal. Apalagi dengan kerlipan lampu Natal berwarna-warni yang menghiasi pohon tersebut.

Meredakan Penyakit Bronchitis dan Batuk

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari pohon cemara adalah dapat meredakan penyakit bronchitis dan batuk. Aroma alami yang dikeluarkan dari pohon cemara sangat baik pula untuk kondisi mental seseorang. Minyak yang dihasilkan dari batang pohon cemara juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk meredakan penyakit sinus dan batuk. Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda cukup meneteskan minyak cemara ke dalam wadah yang berisi air panas. Setelah itu, uap yang keluar dari wadah tersebut bisa Anda hirup secara perlahan-lahan. Anda juga bisa menutup kepala Anda dengan handuk atau kain supaya uap tersebut tidak bercampur dengan udara dari luar.

Meredakan Sakit Otot

Minyak yang dihasilkan dari pohon cemara juga dapat digunakan untuk meredakan sakit otot. Anda bisa menggunakannya sebagai minyak pijat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan memilih minyak yang berasal dari pohon cemara berjenis P. Sylvestris karena minyak dari pohon ini justru dapat membuat kulit Anda menjadi iritasi.

Manfaat pohon Natal ini bisa Anda dapatkan secara maksimal jika Anda menggunakan pohon cemara asli. Meski terkesan lebih merepotkan, penggunaan cemara asli lebih memberikan manfaat baik bagi kesehatan Anda. Natal tahun ini pun semakin membawa kedamaian bagi keluarga Anda.

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2016/12/4307.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2016/12/4307-150x150.jpgGueSehatLifestyleTerpopulerHari Natal,Informasi,Pohon NatalPohon natal menjadi salah satu pemanis wajib di hari Natal. Tak hanya berperan sebagai dekorasi, pohon Natal ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho! Manfaat Pohon Natal Bagi Kesehatan Biasanya banyak orang memilih menggunakan pohon cemara sebagai pohon Natal mereka. Bukan tanpa alasan, selain karena bentuknya yang tinggi dan rindang,...Blog Kesehatan GueSehat