Yoga untuk ibu hamil
Source: Freepik

Berolahraga saat sedang hamil? Siapa bilang tidak bisa Anda lakukan? Tentu, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai berolahraga. Yoga bisa menjadi pilihan tepat olahraga ketika hamil.

Otot kaku, rasa tegang, dan pegal-pegal di beberapa bagian tubuh seringkali muncul saat hamil. Untuk mengatasi masalah ini, anda memerlukan sedikit relaksasi. Relaksasi tersebut bisa anda peroleh dengan melakukan bebrapa gerakan yoga. Yoga untuk ibu hamil membantu mengatasi keluhan sesak napas, nyeri pinggang, dan keluhan-keluhan lain selama kehamilan.

Olahraga yang berasal dari India ini tidak hanya dapat meningkatkan kekuatan fisik, tetapi juga menenangkan pikiran, sehingga dianjurkan untuk ibu hamil.

Gerakan yoga seperti apa yang aman dilakukan ibu hamil? Sebenarnya, Anda tidak perlu merasa khawatir saat melakukan gerakan yoga, selama gerakan yoga yang anda lakukan tidak terlalu ekstrim.

Baca Juga : Olahraga yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa posisi yoga untuk ibu hamil yang bisa Anda lakukan :

Child Pose

Lakukan gerakan seperti saat seorang anak akan merangkak dengan kedua siku tangan lurus dan punggung rata (seperti gambar). Tarik napas, lalu lengkungan punggung Anda. Setelah itu, hembuskanlah napas sambil membalikkan punggung ke posisi semula. Gerakan ini bermanfaat untuk melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut, dan menghilangkan pegal di tubuh.

Bridge Pose

Lakukan gerakan ini dengan berbaring di lantai, lalu tekuk kedua lutut Anda. Letakkan kedua telapak kaki di lantai. Usahakan agar kedua tumit dan tulang duduk Anda berada sedekat mungkin. Hembuskan napas, kemudian angkat tulang selangka Anda. Letakkan kedua tangan di bawah dan angkat panggul Anda dengan menekan kedua lengan dan menjaga posisi tubuh agar tetap berada di atas kedua bahu. Tetap usahakan bernapas secara teratur sambil mempertahankan posisi ini selama setengah menit sebelum kembali ke posisi awal.

Lotus Pose

Untuk melakukan posisi ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu duduk dengan menjulurkan kedua kaki. Kemudian tarik kaki kanan Anda, dan duduk bersila. Letakkan kaki kanan di atas lutut kiri, kemudian ulangi dengan kaki kiri berada di atas lutut kanan. Tempatkan pula jemari Anda di atas lutut sambil bernapas perlahan.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba yoga untuk ibu hamil di atas. Walupun pada dasarnya, olahraga ini aman untuk ibu hamil, namun dengan pemeriksaan dokter, akan diketahui apakah kehamilan Anda memang aman untuk berolahraga. Selamat mencoba!

http://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/164534.jpghttp://guesehat.com/wp-content/uploads/2017/01/164534-150x150.jpgGueSehatTerpopulerWanitaInformasi,KehamilanBerolahraga saat sedang hamil? Siapa bilang tidak bisa Anda lakukan? Tentu, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai berolahraga. Yoga bisa menjadi pilihan tepat olahraga ketika hamil. Otot kaku, rasa tegang, dan pegal-pegal di beberapa bagian tubuh seringkali muncul saat hamil. Untuk mengatasi masalah ini, anda memerlukan...Blog Kesehatan GueSehat